PRAMADEWA Rayakan Ulang Tahun ke – 33

DIPONEWS-Gugus Depan (Gudep) Gerakan Pramuka Balaputra Dewa dan Pramodhawadhani.js. 06-051. 06-052 yang berpangkalan di SMAN 66 Jakarta Selatan merayakan ulang tahunnya yang ke-33. Perayaan ulang tahun ini dihadiri oleh Pembina Gudep Dewi Okfiwati Roslim, MPd dan penegak pandega mulai dari generasi pertama hingga kini, (Jum’at, 28/09/2018).

“kegiatan ini juga sebagai silaturahmi antar generasi “, kata Dewi Okfiwati Roslim

Selain itu juga kami berharap dari gugus depan ini bisa melahirkan generasi emas dimasa datang, tambahnya lagi

Kedepan, menurut Dewi Okfiwati Roslim, gugus depan akan menghadapi situasi yang lebih berat dan menantang, dengan kemajuan teknologi dan arus informasi maka diperlukan kepemimpinan, ide kreatif dan kegiatan yang dapat menarik minat generasi muda pada gerakan pramuka.

Sejarah Pramadewa
Berdirinya Pramadewa, sebutan lain dari Ambalan Balaputra Dewa-Pramodhawardhani dipelopori oleh Kak Drs. R. Sutedjo (almarhum) dan beberapa siswa/i SMA 66 Jakarta. Yang kemudian menjadi ekstra kulikuler pertama di sekolah yang beralamat di Jl. Bango III Pondok – Labu, Cilandak, Jakarta Selatan.

Kak Sutedjo adalah seorang guru PSPB di SMA 66 Jakarta, Ketua Korps PGRI Jawa Barat dan juga seorang pejuang Veteran yang pernah aktif dalam organisasi kepanduan di Indonesia. Dalam Kepramukaan beliau adalah seorang Pembina Pramuka yang aktif di Kwarda Jawa Barat dan menjadi Pembina Pramuka di SMA 66 Jakarta sejak sekolah tersebut berdiri sampai dengan tahun 1998. Di karenakan SMA 66 Jakarta berdekatan dengan SDN 013 Pondok Labu dan SLB-C Budi Karya, maka para pendiri Gugus Depan tersebut sepakat untuk menggabungkan 3 sekolah ke dalam satu pangkalan, yang pada akhirnya tanggal 05 September 1985 secara resmi Gugus Depan ini dilantik dan dikukuhkan oleh Walikota Jakarta Selatan dengan nomor Gudep 6717 – 6718.

Hadir pada saat itu Priyatna Sutisna (Kepala Sekolah SMA 66 Jakarta), Sri Rudiyanto (Kepala SLB-C Budi Karya) dan Sugondo (Kepala SDN 013 Pondok Labu) yang merupakan Mabigus saat itu. Hadir pula Ka Kwaran Cilandak, undangan lain serta anggota Pramuka Gugus Depan 6717 – 6718.

Seiring berjalanya waktu dan kegiatan yang dilaksanakan diharapkan akan lebih baik dan terprogram, maka dibentuklah Dewan Ambalan yang pertama melalui Musyawarah Ambalan. Dan pada saat itu Dewan Ambalan Balaputera Dewa (Putra) dipimpin oleh Jaffray R. Berhitue sebagai Pradana dan Endradi Darmawan (Didit) sebagai Pemangku Adat, sedangkan Dewan Ambalan Pramodhawardhani (Putri) dipimpin oleh Nurhasanah sebagai Pradana dan Nani Marsani sebagai Pemangku Adat.

Banyak prestasi yang sudah ditorehkan diantaranya mendapat kepercayaan untuk membantu Panitia Penyelenggara Jambore Nasional sebagai Panitia Pengawas dan Evaluasi (WAS-EV) Jamnas, yaitu pada Jamnas 1986, Jamnas 1991 dan Jamnas 1996 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta.

Selain itu banyak kegiatan yang dilaksanakan oleh Dewan Ambalan dalam rangka peningkatan kualitas Kepramukaan, ketrampilan dan kepemimpinan antara lain Gladian Calon Penegak Bantara, Kursus Pengelolaan Dewan Ambalan (KPDA), Kursus Komputer, Pendakian, Perkemahan, Pelantikan Kenaikan Golongan/Tingkat, dan lain-lain.

Sebagaimana ekstra kulikuler lainnya, gugus depan pramadewa pun mengalami pasang surut, baik kuantitas dan kualitas anggota, namun ini tidak mengurangi atau hilangnya eksistensi gugus depan ini dalam mengembangkan sayapnya hingga kini di usianya yang ke 33 tahun. ***