Islam Agama Yang Rahmatan Lil Alamin.

Islam Agama Yang Rahmatan lil Alamin.
Oleh : Mukarom, S.Sos.I, MM

Agama merupakan sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dengan manusia serta lingkungannya. Agama memegang peran yang penting, karena Agama menciptakan hidup rukun, saling menghormati dan menghargai satu sama yang lainnya.

Islam adalah agama perdamaian, yang sangat toleran, penuh dengan kelembutan serta kasih sayang dan tidak mungkin menebarkan kekerasan, terorisme, kebencian dan lain sebagainya. Sebagaimana Allah SWT berfirman :

“Maka disebabkan rahmat dari Allahlah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu, maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekat, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya ” (QS Ali ‘Imraan: 159)

“Kami tidak mengutus engkau, Wahai Muhammad, melainkan sebagai rahmat bagi seluruh Alam” (QS. Al Anbiya: 107)

Sebagaimana Nabi Muhammad Shalallahu’a;aihi wasallam itu di utus oleh Allah Subhanahu wata’ala membawa ajara Islam untuk memperbaiki Akhlak orang-orang jahiliah pada waktu itu hingga sekarang.

Indonesia sebagai Negara yang berdasarkan Pancasila, berkewajiban melindungngi setiap warga negara yang menganut kepercayaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjamin keamanan setiap umat beragama untuk menjalankan ibadah sesuai kepercayaan mereka masing-masing.

Mari kita bersama-sama menjaga tali persaudaraan, dan persahabatan, Allah SWT berfirman ;
“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” Qs. al-Hujuraat: 13